The Pharmacist Room: Sodium Starch Glycolate

Sodium Starch Glycolate

Sodium Starch Glycolate secara luas digunakan sebagai disintegran pada kapsul dan formulasi tablet dalam produk farmasetika. Dan Sodium Starch Glycolate memiliki afinitas yang sangat baik untuk air dan mengembang saat terbasahi, kemudian membantu untuk merapuhkan atau menghancurkan matriks tablet (Banker et al., 1994). Sodium Starch Glycolate ini dapat digunakan dengan metode kompresi langsung dan granulasi basah  (Rowe et al., 2009). Konsentrasi pada formula sekitar 2-8 %, dimana konsentrasi yang paling optimum adalah 4% walaupun dalam beberapa kasus 2% adalah konsentrasi yang cukup untuk sebagai disintegran. Disintegrasi terjadi karena Sodium Starch Glycolate dapat dengan cepat menyerap air sekitar 200-300% yang diikuti dengan pengembanganyang cepat dan besar (Rowe et al., 2009).



Sodium Starch Glycolateyang mempunyai bentuk pemerian serbuk putih atau hampir seluruhnya putih, tidak berbau, tidak berasa, dan serbuk bebas mengalir. Menurut farmakope Eropa yang menyatakan bahwa eksipien ini terdiri dari granul oval atau sferis, diameternya berkisar 30-100 µm, dengan beberapa granul yang kurang sferis dengan ukuran diameternya 10-35 µm (Rowe et al., 2009). Sodium Starch Glycolate adalah sebuah pati kentang yang tertaut silang. Bahannya tersedia dari berbagai pabrik di bawah sejumlah besar nama dagang seperti Explotab, Primogel, dan Vivastar. Beberapa penelitian lebih lanjut pada beberapa batch dari tiga produk sodium starch glycolate (Explotab, Primogel, dan Explosol) menginformasikan bahwa terdapat perbedaan hasil inter-brand dan inter-batch, bagaimanapun dalam konteks waktu disintegrasi dan kompatibilitas dalam model formulasi, produk secara essensial sama (Edge et al., 2002). 
Efektivitas disintegran banyak dipengaruhi oleh adanya eksipien hidrofobik seperti lubrican. Peningkatan tekanan pada kompresi tablet tidak terlalu berpengaruh pada waktu hancur (Rowe et al., 2009). Tablet yang dibuat dari eksipien ini memiliki karakteristik penyimpanan yang baik. Sodium Starch Glycolate stabil jika disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara untuk melindungi eksipien ini dari variasi kelembaban dan suhu yang dapat menyebabkan caking. Sifat fisik Sodium Starch Glycolate adalah tidak berubah dalam kurun waktu 3-5 tahun jika eksipien ini disimpan pada temperatur dan kelembapan yang berubah-ubah (Edge et al., 2002). Sodium Starch Glycolate hanya memiliki inkompatibilitas bila digunakan bersamaan dengan asam askorbat (Rowe et al., 2009).

No comments:

Post a Comment