The Pharmacist Room: Laktosa anhidrat

Laktosa anhidrat

Bentuk pemerian dari Laktosa anhidrat sebuk berwarna putih dan laktosa anhidrat mengandung anhidrat b-laktosaanhidratdan a-laktosa. Laktosaanhidratbiasanyamengandung 70-80% anhidrat b-laktosadan 20-30% anhidrat a-laktosa.
Laktosa berfungsi sebagai eksipien tablet pada metode kompresi langsung, pembawa serbuk kering pada inhaler, pengisi tablet dan kapsul serta filler tablet dan kapsul. Laktosa anhidrat banyak digunakan dalam metode kompresi langsung serta sebagai filler tablet dan kapsul maupun pengikat.
Laktosa anhidrat dapat digunakan pada obat yang kelembapan sensitif karena kadar air yang rendah dan juga dapat digunakan dalam suntikan intravena. Bentuk kelarutannya larut dalam air. Pertumbuhan jamur dapat terjadi pada kondisi lembab yang nilai RH nya 80% dan diatasnya. Laktosa dapat menimbulkan warna cokelat pada penyimpanan dengan reaksi yang dipercepat oleh suhu hangat dan kondisi yang lembab. Laktosa anhidrat disimpan dalam wadah yang tertutup ditempat yang sejuk dan kering (Rowe et al., 2009).

No comments:

Post a Comment