The Pharmacist Room: Penyakit Vaginitis adalah

Penyakit Vaginitis adalah

 

        Vaginitis adalah peradangan pada daerah vagina dan karena flora vaginadiganggu oleh adanya organisme patogen atau lingkungan vagina berubah sehingga memungkinkan organism pathogen berkembang biak.

        Vaginitis adalah diagnosis masalah ginekologis yang paling sering terjadi di pelayanan  primer.  Pada sekitar  90%  dari perempuan yang terkena, kondisi ini disebabkan oleh vaginosis bakterial, kandidiasis atau trikomoniasis vulvovaginal. Vaginitis terjadi ketika flora vagina telah terganggu oleh adanya mikroorganisma patogen atau perubahan lingkunang vagina yang memungkinkan mikroorganisma patogen berkembang biak/ berproliferasi.  Pemeriksaan untuk vaginitis meliputi penilaian risiko dan pemeriksaan fisik, dengan fokus perhatian pemeriksaan pada adanya dan karakteristik dari discharge vagina.  Pemeriksaan laboratorium diantaranya: metode sediaan basah garam fisiologis (Wet Mount) dan KOH, pemeriksaan PH discharge vagina dan "whiff" test. Pengobatan untuk vaginosis bacterial dan trikomoniasis adalah metronidazol, sementara untuk kandidiasis vaginal, pilihan pertama adalah obat anti jamur topikal (Am Fam Physician 2000;62:1095-104.)

         Pada tahun 1997 prevalensi infeksi saluran reproduksi yang terjadi yaitu: candidasis 6,7 %; tricomoniasis 5,4 % dan bacterial vaginosis 5,1 %. Menurut data tahun 2002 prevalensi infeksi saluran reproduksi sebagai berikut: bacterial vaginosis 53% serta vaginal kandidiasis 3%. Tahun 2004 prevalensi infeksi saluran reproduksi pada remaja putri dan wanita dewasa yang disebabkan oleh bakteri vaginosis 46%, candida albicans 29%; tricomoniasis 12%.

No comments:

Post a Comment