The Pharmacist Room: Mengenal Alkaloid Pada Tanaman

Mengenal Alkaloid Pada Tanaman

             Lada atau merica adalah rempah-rempah berwujud biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman Piper nigrum. Piperin merupakan suatu senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Piperin banyak ditemukan pada simplisia yang termasuk keluarga Piperaceae. Selain mengandung piperin, lada juga mengandung minyak atsiri, piperitina, piperidina, filandrena, dan alkaloid piperina. Kandungan piperin dapat merangsang cairan lambung dan ludah, lada yang sifatnya pedas dapat menghangatkan dan melancarkan peredaran darah.  Senyawa aktif pada lada hitam adalah piperin yang merupakan senyawa amida berupa Kristal berbentuk jarum, berwarna kuning, tidak berbau, tidak berasa lama-kelamaan pedas. Larut dalam etanol, asam cuka, benzene, dan klorofrom. Senyawa ini termasuk dalam alkaloid golongan piridin.   

 Alkaloid

Alkaloid merupakan metabolit skunder dari tanaman yang digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan luar, yang terbentuknya berdasarkan teori terbentuknya campuran, berikut adalah fungsi dari alkaloid bagi tanaman:

a.       Racun untuk menolak gangguan serangga dan hewan herbivora

b.      Sebagai hasil akhir dari metabolisme atau metabolit sekunder dengan fungsi untuk detoksifikasi senyawa toksik

c.       Regulasi faktor pertumbuhan

d.      Sebagai cadangan unsur N (Nitrogen)

      Adanya unsur N pada alkaloid menunjukkan adanya hubungan dengan pembentukan asam amino menjadi protein oleh tanaman, biasanya dalam cincin heterosiklik. Alkaloid dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

a.       Elemen yang mengandung unsur N yang terlibat pada pembentukan alkaloid.

b.      Elemen tanpa unsur N yang ditemukan dalam molekul alkaloid.

c.       Reaksi yang terjadi untuk pengikatan khas elemen-elemen pada alkaloid.

      Struktur dan klasifikasi alkaloid dalam botani dan biokimia mempunyai banyak variasi. Perbedaannya hanya terdapat pada efek farmakologi yang ditimbulkan. Oleh karenaya para ahli botani mempermudah pengelompokan alkaloid menjadi dua kelompok besar yaitu :

a.       Alkaloid nonheterosiklik atau atipikal alkaloid biasanya disebut portal alkaloid atau amino biologi.

b.      Heterosiklik atau tipikal alkaloid yang dibagi menjadi 14 kelompok pada struktur cincicn.

Berikut struktur kimia macam-macam alkaloid yang terdapat dalam tanaman:





No comments:

Post a Comment