The Pharmacist Room: ASPEK PASAR APOTEK

ASPEK PASAR APOTEK


Dari aspek pasar, dapat dilihat dengan tidak adanya competitor apotek lain yang ada di sekitar apotek cinta  farma yang akan dibangun. Maka dari itu diharapkan dengan adanya apotek cinta farma bisa menyerap atau mengambil pangsa pasar dalam masyarakat sekitar. Dengan itu diharapkan apotek cinta farma bisa berkembang dengan baik.
Adapun analisis swot dilihat dari aspek pasar :                   
·        Strangt :
a.     Belum adanya apotek pesaing memungkinkan apotek bisa berkembang dengan baik
b.     Lokasi berada di daerah dengan jumlah penduduk yang lumayan banyak
c.      Melihat dari beraneka ragam latar belakang pasien yang ada di daerah sekitar apotek cinta farma
·        Kelemahan
a.     Target pasar masyarakat sekitar memiliki kesadaran akan kesehatan dan pengobatan masih rendah
·        Opportunity
a.     Tidak adanya apotek pesaing disekitar atau didaerah akan dibangunnya apotek cinta farma
·        Threaten
a.     Melihat lokasi berdirinya apotek yang kurang strategis dimungkinkan proses pemasaran akan berjalan sangat susah dan semuanya resiko harus siap diterima
Target pasar apotek cinta farma adalah  penduduk sekitar di salah satu desa diwilayah sleman. Untuk mendapatkan pangsa pasar yang bagus maka apotek harus lebih giat mempromosikan bawha didaerah tersebut akan berdiri sebuah apotek yang akan membantu masyarakat dalam masalah pengobatan. Setelah apotek berdiri banyak cara atau jalan yang bisa dipakai apotek baru untuk menarik pangsa pasar salah satunya adalah promosi melalui media massa, media elektronik contohnya promosi lewat radio, mengadakan pemeriksaan tensi secara gratis, dan tentunya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Dengan jalan tersebut diharapkan masyarakat sekitar mengetahui kalau didaerah mereka akan atau ada apotek baru yang akan dibangun. Dengan adanya apotek baru disekitar masyarakat diharapkan masyarakat sekitar lebih peduli akan penting dan berharganya kesehatan. Berhasil atau tidak suatu usaha tidak lepas dari bagaimana proses pemasaran awal suatu usaha tersebut. Maka untuk membangun suatu apotek baru aspek pasar sangat penting dan perlu diperhatikan sebelum ataupun setelah apotek itu berdiri. Diharapkan sebelum membangun apotek baru kita terlebih dahulu melakukan study kelayakan untuk melihat apakah layak suatu apotek berdiri disekitar lokasi tersebut. Dengan begitu kita bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya yang akan kita tentukan.

No comments:

Post a Comment