The Pharmacist Room: DISPENSING DALAM PELAYANAN FARMASI KLINIK

DISPENSING DALAM PELAYANAN FARMASI KLINIK


Deskripsi
            Merupakan kegiatan pelayanan yang dimulai dari tahap penerimaan , validasi, interpretasi, pengkajian dan memutuskan resep, serta penyiapkan/peracikan obat, pemberikan label/etiket, penyerahkan obat dengan pemberian informasi yang memadai.
Tujuan
            Menjamin pasien yang tepat menerima obat yang tepat dalam dosis, bentuk sediaan dan informasi yang tepat.
Luaran
·         Pasien  mendapat obat dengan jenis, dosis dan bentuk  yang tepat
·         Kemungkinan terjadinya interaksi dapat dihindari/ diminimalisir
·         Kualitas obat terjamin dalam batas kadaluarsanya
·         Instruksi yang tepat dan jelas diberikan kepada pasien untuk menjamin penggunaan obat yang tepat dan aman
·         Pasien diberikan informasi dasar terkait dengan penggunaan, peringatan, bila ada kemungkinan efek obat yang tidak dikehendaki, tindakan yang diambil jika terjadi kejadian yang tidak dikehendaki
Langkah
·         Penerimaan  resep
·         Validasi resep
·         Menginterpretasi
·         Mengkaji dan memutuskan
·         Menyiapkan/meracik obat, baik dalam bentuk sediaan jadi ataupun sediaan racikan, pencampuran obat suntik intravena, pencampuran obat sitostatika, pencampuran nutrisi parenteral dan obat investigasi.
·         Memberikan label/etiket,
·         Menyerahkan obat
·         Memberikan informasi yang memadai.

  
PELAYANAN SWAMEDIKASI
Deskripsi (disesuaikan dengan pedoman swamedikasi)
            Merupakan kegiatan pelayanan yang dimulai dari tahap menilai kebutuhan pasien/klien untuk swamedikasi, menanggapi gejala/keluhan pasien, mengkaji, memilihkan, menyiapkan, memberikan label/etiket, menyerahkan obat dengan memberikan informasi yang memadai.
Tujuan
            Menjamin pasien/klien yang tepat menerima obat yang tepat dalam dosis, bentuk sediaan dan informasi yang tepat.
Luaran :
·          Pasien/klien  mendapat obat dengan jenis, dosis dan bentuk yang tepat
·         Kemungkinan terjadinya interaksi dapat dihindari/diminimalisir
·         Kualitas obat terjamin dalam batas kadaluarsanya
·         Instruksi yang tepat dan jelas diberikan kepada pasien untuk menjamin penggunaan obat yang tepat dan aman
·         Pasien/klien diberikan informasi dasar terkait dengan penggunaan, peringatan, bila ada kemungkinan efek obat yang tidak dikehendaki, tindakan yang diambil jika terjadi kejadian yang tidak dikehendaki
Langkah
·         Menilai kebutuhan pasien/klien untuk swamedikasi
·         Menanggapi gejala/keluhan pasien/klien : menerima keluhan/permintaan obat, mengkaji, menentukan swamedikasi atau merujuk ke dokter
·         Memilihkan obat sesuai dengan jenis, dosis dan bentuk yang dibutuhkan pasien/klien
·         Menyiapkan obat sesuai dengan kebutuhan pasien/klien
·         Memberikan label/etiket,
·         Menyerahkan obat
·         Memberikan informasi yang memadai


KONSELING :
Deskripsi
Merupakan satu proses yang sistematik untuk mengidentifikasi dan penyelesaian masalah pasien yang berkaitan dengan pengambilan dan penggunaan obat pasien rawat jalan dan pasien rawat inap. (Mengacu pada Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan).
Tujuan
·         Meningkatkan kepatuhan pasien
·         Promosi kesehatan dan mencegah penyakit
Luaran
·         Tercapainya kesepahaman terapeutik antara pasien dan Apoteker
·         Tercapainya efek terapi yang optimal
·         Peningkatan pemahaman klien terhadap kesehatan dan pencegahan penyakit
Langkah
·         Pengenalan
·         Penilaian
·         Pelaksanaan
·         Verifikasi
·         Kesimpulan dan penutup

PELAYANAN INFORMASI OBAT :
Deskripsi
Merupakan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker untuk memberikan informasi secara akurat, tidak bias dan terkini kepada dokter, Aporeker, Perawat, Profesi kesehatan lainnya dan pasien. (Mengacu pada Pedoman PIO).
Tujuan
·         Memberikan informasi obat yang akurat, tidak bias secara komersial, terkaji dan terkini.
Luaran
·         Tercapainya penggunaan obat yang rasional

Langkah
·         Menerima pertanyaan
·         Mengidentifikasi penanya
·         Menggali latar belakang pertanyaan
·         Mencari dan mengkaji sumber informasi yang sesuai
·         Merumuskan jawaban
·         Memberikan jawaban
·         Mendokumentasi


No comments:

Post a Comment