Deskripsi
Merupakan kegiatan pelayanan yang dimulai dari tahap penerimaan , validasi, interpretasi, pengkajian dan
memutuskan resep, serta
penyiapkan/peracikan obat, pemberikan label/etiket, penyerahkan obat dengan pemberian
informasi yang memadai.
Tujuan
Menjamin pasien yang tepat menerima obat yang tepat dalam
dosis, bentuk sediaan dan informasi yang tepat.
Luaran
·
Pasien mendapat obat dengan jenis, dosis dan bentuk yang tepat
·
Kemungkinan terjadinya interaksi dapat dihindari/ diminimalisir
·
Kualitas
obat terjamin dalam batas kadaluarsanya
·
Instruksi
yang tepat dan jelas diberikan kepada pasien untuk menjamin penggunaan obat
yang tepat dan aman
·
Pasien
diberikan informasi dasar terkait dengan penggunaan, peringatan, bila ada
kemungkinan efek obat yang tidak dikehendaki, tindakan yang diambil jika
terjadi kejadian yang tidak dikehendaki
Langkah
·
Penerimaan resep
·
Validasi resep
·
Menginterpretasi
·
Mengkaji
dan memutuskan
·
Menyiapkan/meracik
obat, baik dalam bentuk sediaan jadi ataupun sediaan racikan, pencampuran obat
suntik intravena, pencampuran obat sitostatika, pencampuran nutrisi parenteral dan
obat investigasi.
·
Memberikan
label/etiket,
·
Menyerahkan
obat
·
Memberikan
informasi yang memadai.
PELAYANAN SWAMEDIKASI
Deskripsi (disesuaikan dengan pedoman swamedikasi)
Merupakan kegiatan pelayanan yang dimulai dari tahap menilai
kebutuhan pasien/klien untuk swamedikasi, menanggapi gejala/keluhan pasien,
mengkaji, memilihkan, menyiapkan, memberikan label/etiket, menyerahkan obat
dengan memberikan informasi yang memadai.
Tujuan
Menjamin pasien/klien yang tepat menerima obat yang tepat
dalam dosis, bentuk sediaan dan informasi yang tepat.
Luaran :
·
Pasien/klien mendapat obat dengan jenis, dosis dan bentuk yang
tepat
·
Kemungkinan
terjadinya interaksi dapat dihindari/diminimalisir
·
Kualitas
obat terjamin dalam batas kadaluarsanya
·
Instruksi
yang tepat dan jelas diberikan kepada pasien untuk menjamin penggunaan obat
yang tepat dan aman
·
Pasien/klien
diberikan informasi dasar terkait dengan penggunaan, peringatan, bila ada
kemungkinan efek obat yang tidak dikehendaki, tindakan yang diambil jika
terjadi kejadian yang tidak dikehendaki
Langkah
·
Menilai
kebutuhan pasien/klien untuk swamedikasi
·
Menanggapi
gejala/keluhan pasien/klien : menerima keluhan/permintaan obat, mengkaji,
menentukan swamedikasi atau merujuk ke dokter
·
Memilihkan obat
sesuai dengan jenis, dosis dan bentuk yang dibutuhkan pasien/klien
·
Menyiapkan obat sesuai dengan kebutuhan
pasien/klien
·
Memberikan
label/etiket,
·
Menyerahkan
obat
·
Memberikan
informasi yang memadai
KONSELING :
Deskripsi
Merupakan
satu proses yang sistematik untuk mengidentifikasi dan penyelesaian masalah
pasien yang berkaitan dengan pengambilan dan penggunaan obat pasien rawat jalan
dan pasien rawat inap. (Mengacu pada Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di
Sarana Kesehatan).
Tujuan
·
Meningkatkan
kepatuhan pasien
·
Promosi
kesehatan dan mencegah penyakit
Luaran
·
Tercapainya
kesepahaman terapeutik antara pasien dan Apoteker
·
Tercapainya
efek terapi yang optimal
·
Peningkatan
pemahaman klien terhadap kesehatan dan pencegahan penyakit
Langkah
·
Pengenalan
·
Penilaian
·
Pelaksanaan
·
Verifikasi
·
Kesimpulan
dan penutup
PELAYANAN INFORMASI OBAT :
Deskripsi
Merupakan kegiatan pelayanan yang dilakukan
oleh Apoteker untuk memberikan informasi secara akurat, tidak bias dan terkini
kepada dokter, Aporeker, Perawat, Profesi kesehatan lainnya dan pasien.
(Mengacu pada Pedoman PIO).
Tujuan
·
Memberikan
informasi obat yang akurat, tidak bias secara komersial, terkaji dan terkini.
Luaran
·
Tercapainya
penggunaan obat yang rasional
Langkah
·
Menerima
pertanyaan
·
Mengidentifikasi
penanya
·
Menggali
latar belakang pertanyaan
·
Mencari
dan mengkaji sumber informasi yang sesuai
·
Merumuskan
jawaban
·
Memberikan
jawaban
·
Mendokumentasi
No comments:
Post a Comment