The Pharmacist Room: Hormon Pada Manusia

Hormon Pada Manusia


Hormon adalah zat kimiawi yang dihasilkan tubuh secara alami. Begitu dikeluakan, hormon akan dialirkan oleh dara menuju berbagai jaringan sel danmenimbulkan efek tertentu sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contoh efek hormon pada tubuh manusia:
·         Perubahan Fisik yang ditandai dengan tumbuhnya rambut di daerah tertentu dan bentuk tubuh yang khas pada pria dan wanita (payudara membesar, lekuk tubuh feminin pada wanita dan bentuk tubuh maskulin pada pria).
·         Perubahan Psikologis: Perilaku feminin dan maskulin, sensivitas, mood/suasana hati.
·         Perubahan Sistem Reproduksi: Pematangan organ reproduksi, produksiorgan seksual (estrogen oleh ovarium dan testosteron oleh testis). 
Di balik fungsinya yang mengagumkan, hormon kadang jadi biang keladi berbagai masalah. Misalnya siklus haid yang tidak teratur atau jerawat yang tumbuh membabi buta di wajah. Hormon pula yang kadang membuat kita senang atau malah sedih tanpa sebab. Semua orang pasti pernah mengalami halini, terutama saat pubertas. Yang pasti, setiap hormon memiliki fungsi yang sangat spesifik pada masing-masing sel sasarannya. Tak heran, satu macam hormon bisa memiliki aksi yang berbeda-beda sesuai sel yang menerimanya saat dialirkan oleh darah.
·         Pada dasarnya hormon bisa dibagi menurut komposisi kandungannyayang berbeda-beda sebagai berikut:
·         Hormon yang mengandung asam amino (epinefrin, norepinefrin, tiroksindan triodtironin).
·         Hormon yang mengandung lipid (testosteron, progesteron, estrogen, aldosteron, dan kortisol).
·         Hormon yang mengandung protein (insulin, prolaktin, vasopresin, oksitosin, hormon pertumbuhan (growth hormone), FSH, LH, TSH). Hormon-hormon ini bisa dibuat secara sintetis. Di antaranya adalah hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron yang dibuat dalam bentuk pil. Pilini merupakan bentuk utama kontrasepsi yang digunakan wanita seluruh dunia untuk memudahkan mereka menentukan saat yang tepat:kapan harus mempunyai anak dan jarak usia tiap anak.

No comments:

Post a Comment